Forum Konsultasi Publik Rancang RPJPD Depok Tahun 2025-2045

 

Walikota Depok M.Idris saat ditemui media di forum konsultasi publik rancangan RPJPD Depok 2025-2045, Kamis (28/12/23).

Depok. | Dipenghujung tahun 2023 entambut tahun baru 2024 ,pemerintah Kota Depok menggelar forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kota Depok Tahun 2025-2045 berlangsung di Aula Serba Guna Lt, 10 Baleka II, JL, Margonda,Kamis (28/12/23).

Hadir Ketua DPRD kota Depok, TM, Yusufsyahputra, Walikota Depok Muhammad Idris, Wakil Walikota Depok, Iman Budi Hartono, Sekda Supian Suri, Polresta Metro Depok, Kodim 0508, Kepala Bapeda Provinsi Jabar, Lendra Sofyan, Bapeda Kota Depok Dadang Wihana, Guru Besar Ilmu Pemerintahan IPDN, Prof, Dr Hyrenimus Rowa, M.si, kepala Dinas se kota Depok, parar Kabid, Camat dan Lurah se kota Depok.

Acara forum konsultasi di buka oleh Walikota Depok Muhammad Idris, dipandu moderator Ahmad Gamal dari Direktur, Direktorat, Inovasi dan Science Techn Park UI.

Berikut keterangan yang disampaikan Walikota Depok Muhammad Idris saat diwawancara doorstop wartawan di sela acara forum Konsultasi Publik tentang RPJDP Tahun 2025- 2045.

” Rencana Pembangunan Jangka Panjang untuk Kota Depok, karena sudah habis tahun 2004 berarti sudah 20 tahun.Selanjutnya program yang akan datang tahun depan, pembahasannya dari awal tahun sampai akhir tahun mudah-mudahan bisa selesai sehingga 2025 itu sudah bisa disahkan dan diimplementasi mulai tahun 2025,”ungkap Walikota Depok M.Idris.

“Terkait dengan visi / misi untuk Walikota yang terpilih nanti, untuk RPJMD periode pertama 2025-2030 yakni lima tahun.Untuk walikota terpilih nanti visi misnya yang akan di emvan adala soal fasilitas ramah gender, ya bahasa saya fasilitas ceramah gender dengan nuansa ke orientasi kesetaraan. Tidak hanya anak-anak yang perlu dilayani tapi juga remaja pemuda dan juga lansia juga segala profesi nanti akan di prioritaskan.

“Makanya tadi itu merupakan wacana saya dan cita-cita mimpi saya punya gedung wanita bisa melakukan kegiatan karena disitu ada youth center dengan berbagai kegiatan yang fisik non fisik juga ada, taman lansia, ini juga bahagian daripada ruang publik yang bisa dimanfaatkan. kita juga punya tujuan yang sudah disepakati oleh PBB di dunia

“Pencapaian SDGS ini harus dicapai pada tahun 2030 ada 17 tujuan yang layak disampaikan, hampir semua tujuan poin-poinnya di Kota Depok ini sudah terlaksana, meski belum sempurna, sekitar 65% dari sektor pembangunan Sekolah Dasar di Kota Depok sudah terlaksana, begitupun soal stunting penurunan, preferensi stunting kemiskinan dan sebagainya ini sudah kita laksanakan hingga se kecil-kecilnya, begitu juga angka tingkat kemiskinan ini diturunkan dan angka kesejahteraan masyarakat kita tingkatkan setinggi-tinggi SDGSnya sampai tahun 2030.

“Kita sudah punya potensi besar, untuk mencapai hal itu tentu harus ada kolaborasi dan konsep yang tentubya ter integrasi target itu nanti 2030, barulah SDGS tercapai seperti kota layak anak meski belum mencapai sampai kota layak anak, kota Depok baru predikat nomor 4 dari 6 tahapan, misalnya Pug atau pengurus tanaman gender, kita masih punya dua tahapan lagi.

Soal janji kampanye pasangan Walikota dan wakil walikota Depok,Muhammad Idris – Iman Budi Hartono saya ini

” ini menggugat ya, minta kebijaksanaan dari pemerintah pusat bahwa periode saya kan 2021 2026, namun terputus 2 tahun, bukan karena covid, tapi karena kena peraturan pemilu serentak.

” Kalau pemilu pilkadanya 2004 dilantik 2025, mungkin saya tetap masih menjabat walikota Depok, tapi karena peraturan sehingga saya harus lengser saya dirugikan 2 tahun masa jabatan saya dipangkas”, tuturnya.

“Alhamdulillah saya kejar kinerja saya sampai tahun depan, Insyaallah sudah sampai 90% dan 10% saya sisakan untuk 2025, karena nanti terkait juga dengan kebijaksanaan dari walikota terpilih”.

Dirinya juga menyinggung soal guru ngaji, nanti kita akan evaluasi yang namanya pembimbing rohani, tidak semua istilah guru ngaji pembimbing rohani , yang namanya guru ngaji atau penceramah dalam agama Kristen ini ada tempat khotbah tapi punya masukan income yang memang sudah biasa yang di dapati.

Sementara guru-guru leker kalau pengajian Islam, mereka banyak sekali yang enggak berpenghasilan sama sekali itu yang harus diutamakan dan itu kita akan evaluasi tahun fepan akan ada tambahan, karena itulah kita akan evaluasi yang sudah ada,”tutupnya.

(ish)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *