Ramadhan 1445 H SMKN 1 Depok Gelar SMARTTREN , Ini 10 Kegiatannya.

SMKN 1 Depok gelar SMARTTREN tiap tahun di bulan Ramadhan dalam rangka peningkatan karakter siswa

Depok, kejarnews.com |. Bulan suci ramadhan sudah akrab dengan berbagai kegiatan Islami didalamnya, tak terkecuali Pesantren Kilat Ramadhan. Pesantren kilat adalah kegiatan rutin tahunan OSIS yang diadakan oleh Ekstra kurikuler (Ekskul) ROHIS di SMK Negeri 1 Depok setiap Ramadhan. Kegiatan didalamnya berupa; siraman rohani religi sekaligus mendalami kitab suci Al-Qur’an.

SMKN 1 Depok
Siswa SMKN 1 Depok dalam kegiatan SMARTTREN tiap bulan Ramadhan

“Kegiatan SMARTTREN dilaksanakan disekolah dan diikuti oleh seluruh siswa siswi yang beragama Islam.Kegiatan pesantren kilat diikuti puluhan peserta perwakilan dari kelas X dan kelas XI , serta berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB , dan dilaksanakan selama dua minggu,”ungkap Kepala Sekolah SMKN 1 Depok Lusi Triana.M.Pd di ruangannya, Rabu (20/3/24).

Pesantren kilat Ramadhan 1445 H tahun 2024 dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Depok Lusi Triana.M.Pd didampingi Wakil Bidang Kesiswaan Hermin.

“Apresiasi saya sampaikan terhadap acara yang dilaksanakan, kita harus terus kreatif dan selalu meningkatkan iman seperti kegiatan Pesantren Kilat ini,”harapnya.

Lusi menjelaskan,ada 10 kegiatan SMARTTREN 1445 H SMKN 1 Depok tahun pelajaran 2023-2024 yaitu SHOLAT DHUHA ,SODAQOH , MATERI, MUSHAF AL-Qur’an , ICE BREAKING, SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH,WAKAF Al-Qur’an , PENJARINGAN TES MEMBACA AL-Qur’an serta LOMBA ( Rhisad Got Talen).

“Dijelaskannya Sholat Dhuha bertujuan meningkatkan ketaqwaan siswa SMKN 1 dengan gemar menunaikan sholat Sunnah.Sodaqoh bertujuan membentuk karakter siswa yang ber-empati dan rela berkorban untuk menyisihkan sebagian uangnya.Tadarus bersama bertujuan membentuk karakter siswa yang regilius, disiplin dan terbiasa dalam melafalkan ayat suci Al-Qur’an.

“Sholat Dzuhur berjamaah, bertujuan meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan disiplin agar dapat menunaikan sholat dzuhur secara tepat waktu dan Lomba (Rhisad Got Talent) bertujuan meningkatkan kreativitas percaya diri,dan mengembangkan potensi serta bakat yang dimiliki . Ini telah disiapkan oleh OSIS dan ROHIS SMKN 1 Depok,” paparnya.

Dalam mempersiapkan acara tersebut OSIS dan ROHIS sebelumnya telah melakukan pembentukan panitia dan merancang susunan acara sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Para peserta Pesantren Kilatpun semangat walaupun dalam kondisi sedang berpuasa, seperti yang disampaikan oleh Hermin selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan , bahwa mempersiapkan kegiatan ini dilakukan secara matang.”Semoga kegiatan ini menjadi ladang kebaikan dan bermanfaat bagi siswa SMKN 1 Depok dan kita semua,”ujar Hermin.

(rh-ish)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *