HUT Guru Nasional Di Depok Dituntut Menjadi Guru Penggerak, Tergerak , Bergerak dan Menggerakkan

 

Sekdis Pendidikan Depok Sutarno berfoto bersama dengan para guru- guru Depok

Depok. | Hari ulang tahun (HUT) guru nasional yang jatuh tanggal 24 November dan dirangkai HUT PGRI ke-78 guru serta kepala sekolah SD,SMP negeri dan swasta di kota Depok hadir dalam rangkaian acara tersebut di gedung pertemuan Al-Azhar GDC Kota kembang Depok, Senin (27/11/2023).

Hadir Pemerintah Kota Depok Dinas pendidikan Kadis Pendidikan Siti Chaerijah,Sekdis Pendidikan Sutarno, Kabid SD Wawang Buang, Kabid Sarpras Hendy Astriono, Kabid SMP Joko serta para Kepala Sekolah SD,SMP negeri dan swasta di kota Depok.

Kadis pendidikan Siti Chaerijah didampingi Sekdis Pendidikan Sutarno saat ditemui media mengatakan,” acara hari ini ialah rangkaian dari HUT PGRI ke-78 dan hari ulang tahun guru Nasional yang jatuh pada tanggal 24 November 2023 , dengan tema yang diangkat saat ini “BERGERAK BERSAMA MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR”.

“Tema kita hari ini ,sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam sukses merdeka belajar yang tidak terlepas semuanya dari guru penggerak,”ungkap Sekdis.

“Seiring dengan berkembangnya zaman diera digitalisasi, syarat salah satu mimpi yakni meningkatkan kompetensi, artinya guru dituntut bisa membimbing pada situasi disekolah sesuai dengan selokan guru penggerak, tergerak, bergerak dan menggerakkan, agar supaya membawa guru-guru ini menjadi guru yang sukses dalam mencapai suksesnya merdeka belajar,” tuturnya.

Pesan kami kepada guru dimoment HUT guru ,bahwa semua guru mesti dapat menjadi guru penggerak,dimana guru penggerak itu sudah melalui tahapan peningkatan kompetensi.Peningkatan kompetensi sebelum diangkat menjadi guru penggerak ia harus melalui pendidikan guru penggerak selama enam bulan,dan harus menyelesaikan 10 Modul.Ada dua yang harus dimiliki guru penggerak, yaitu Me-Managerial kaitannya dengan proses belajar mengajar dan me-manager kaitannya dengan managemen, artinya guru dapat mengelola lembaga dan mengelola proses belajar itu,”tutupnya.

Kasek SMPN 16 Depok Agus Purwanto saat ditemui menambahkan,”hari guru momen dimana guru harus menyadari tujuan awal dari komitmen sebagai guru untuk membuat satu perubahan, seperti perubahan dalam pengetahuan,tingkah laku khususnya untuk anak didik kita,”ujarnya.

“Sekarang diluar perkiraan banyak peristiwa anak melakukan tindakan kurang benar,semua ini tidak terlepas dari peran guru,karena anak-anak sekarang penginnya terus bahagia.Hal tersebut guru introspeksi sudah sampai sejauh mana guru berperan buat mereka bahagia sehingga tidak melakukan hal-hal seperti itu,”jelasnya.

Di hari ulang tahun guru ke-78 ini saya berpesan pada guru,”dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan,yang eranya sudah merdeka sampai kurikulumnya juga merdeka, belajarnya merdeka, mengajarnya juga merdeka tentunya merdeka yang bertanggung jawab ,tingkatkan kompetensi,”tutup Agus.

(ish)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *