Pembinaan Karakter Siswa, SDN Depok Baru 8 Gelar Pesantren Ramadhan

Kepala Sekolah SDN Depok Baru 8 Lia Rizkiyah beserta para guru dalam rangka pembinaan karakter dikegiatan pasantren Ramadhan

Depok – Kejarnews.com

Di Bulan Ramadhan 1445 H untuk pembinaan karakter siswa, SDN Depok Baru 8 melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang memang diinstruksikan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok.

SDN Depok Baru 8
SDN Depok Baru 8 Dalam kegiatan pesantren Ramadhan 1445 H

Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari Senin hingga Jumat, 18- 22 Maret 2024 di ruang kelas SDN Depok Baru 8, Jl. Mawar Raya, Depok Jaya, Pancoran Mas Kota Depok.

Pembinaan karakter ini sesuai dengan profil Pelajar Pancasila terutama dimensi Religius dan ditumbuhkan semangat menjalankan ajaran agama dan keyakinannya masing-masing dengan baik dan berusaha mengimplementasikan apa yang dipelajari di sekolah.

” Untuk yang beragama Islam karena ini pas di bulan suci Romadhon maka Pembinaan karakter itu dalam bentuk kegiatan Pesantren kilat atau pesantren Ramadhan,” Ucap Kepsek SDN Depok Baru 8, Lia Rizkiyah di ruangannya, Selasa (19/3/24).

Tambahnya, disebut Pesantren Kilat atau Pesantren Romadhon karena menginduk kepada kegiatan yang ada di lembaga Islam yaitu Pesantren, yang memang mengajarkan tentang keagamaan terutama Agama Islam dengan menyeluruh dalam waktu yang lama, ada jenjang pendidikannya, disebut Pesantren kilat maksudnya siswa yang beragama Islam ditempah dengan ilmu agama namun dengan waktu singkat.

“Dalam kegiatan ini diajarkan Tauhid Ketuhanan, Fiqih tata cara beribadah, Muamalah tentang kemasyarakatan bagaimana menjaga etika dan sopan santun,” jelas Lia.

Lebih lanjut, Lia menjelaskan , hal yang sama juga dengan agama lainnya, siswa yang beragama Kristen tetap masuk dan juga diadakan kegiatan Pembinaan Karakter dalam bentuk bimbingan rohani agama Kristen yang diajarkan oleh guru agama Kristen dan guru yang beragama Kristen dengan harapan siswa tersebut bisa menjalankan 10 Perintah Tuhan dengan baik.

“Jadi kita disini, Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, Unity in Diversity, berbeda-beda tapi tetap satu, intinya semuanya menjalankan kewajiban agamanya masing-masing dengan baik, diharapkan Murid dapat mengembangkan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Tema Kegiatan kali ini : Ramadhan merajut kembali ukhuwah Islamiah menuju insan bertaqwa artinya diharapkan dengan datangnya bulan suci Romadhon persatuan dan kesatuan di kalangan umat Islam semakin kuat dan kompak.

Untuk melengkapi kegiatan di bulan Ramadhan, akan diadakan acara buka bersama disaat menjelang buka puasa dan kegiatan bakti sosial dalam acara berbagi khususnya bagi siswa duafa dan anak yatim di SDN Depok Baru 8.

” Alhamdulillah anak-anakku semua kita telah memasuki bulan suci Ramadhan, kalian telah mengikuti kegiatan pembinaan karakter, saya harap kalian dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik dan memaknai setiap pembelajaran yang diberikan bapak ibu guru dan bisa mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa, semangat selalu dan selamat menjalankan ibadah Puasa bagi yang menjalankannya,” Tutupnya memberi pesan kepada seluruh siswa SDN Depok Baru 8.
( Rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *